Posted at , 5:30 AM by Egohermansyah
Halo sobat, dah lama saya ga' ngeblog di blogcepot a.k blogspot. Pada dahulu kala hehehe :D, saya sebenarnya pernah pakek blogspot tapi saya nggak begitu suka dengan theme yang telah di sediakan baik oleh pihak blogger maupun template-template yang di share di internet, nah masalahnya saya dulu pengen gratisan ( Sampai sekarang sih juga maunya yang gratisan :D ), saat itu saya coba2 buat template tapi hasilnya sangat amat tidak memuaskan, secara masih dulu masih SMP, ga' ngerti apa css, html, dan tag xml nya blogger template.

Sejak saat itu saya mulai mengenal platform wordpress, pertama saya hanya mengenal wordpress sebatas di wordpress.com, nah saya sebenarnya udah agak puas, tapi lama juga ga' puas juga dengan tampilan wordpress.com ( Dasar sifat manusia, yang ga' pernah puas :D ), setelah itu saya coba-coba ingin edit css dan sedikit sentuhan html & javascript, namun setelah lama mencari edit layout ga' ketemu, eh ternyata di wordpress.com juga ga' bisa customize theme, bisa sih sebenarnya, tapi harus bayar ( Jadi ga' gratis lagi dunk :D ).

Ndak tau kenapa, di akhir saya SMK ko' ingin maen-maen ma adsense, dan saya mulai kenal cara buat blog dengan platform wordpress tapi kita bisa buat atau customize theme sesuai keinginan dan kemampuan kita, namun lagi lagi kendala dana buat bayar hosting dan domain, namun saya tidak menyerah dan saya menemukan tutorial membuat blog dengan wordpress tanpa mengeluarkan uang ( sebenarnya keluar uang jugas sih untuk koneksi internet, kalo ga' mau keluar internet ya mending ga' usah kenal internet dan sejenisnya ya :D ). Di hosting gratisan tersebut saya bebas mau ngapain blog saya, dalam artian saya bisa customize backend & frontend blog sesuai keinginan saya. Namun entah kenapa setelah saya lama pakek hosting gratisan, kok kayaknya sering down ya, tapi saya maklumlah kan grtisan :D.

Nah sejak itu saya pengen maen lagi ke blogger, dengan tekad saya harus bisa buat template blogspot dahulu sesuai keinginan saya, baru saya blogging dengan tuh blog. Alhamdulillah saya baru-baru ini sempat berpusing pusing ria buat nyari tutorialnya, dan nemu meskipun tutorialnya ga' lengkap dan sangat sulit buat nyari, tapi bersyukurlah dah dapet pencerahan dan berhasil buat template blogspot dengan tangan sendiri :D.

Uda deh capek juga ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya :D.
Posted in